Minggu, 24 Oktober 2010

PRAKTEK SISKOM Part. 1

SISTEM KOMPUTER

            Praktek Siskom pada tanggal 22 Oktober 2010 membahas tentang bagian-bagian yang terdapat didalam CPU(Central Processing Unit). CPU adalah unit yang berperan untuk urusan pemrosesan dan pengolahan data dalam system computer. Sebuah CPU terdiri dari Control Unit (CU), Arithmetic And Logic Unit (ALU), dan register. Bentuk CPU dibedakan menjadi dua yaitu bentuk tower dan bentuk desktop. Bentuk tower adalah CPU yg posisinya berdiri sedangkan CPU bentuk desktop posisinya menyatu dengan monitor. Namun saat ini penggunaan CPU berbentuk desktop sudah jarang digunakan. Dalam hal ini juga akan dijelaskan tentang fungsi-fungsi dari bagian-bagian yang terdapat dalam CPU. Berikut adalah contoh gambar dari CPU

Adapun bagian-bagian dari CPU adalah:
  1. Processor

Processor merupakan tempat memproses seluruh data yang masuk ke system computer yang kemudian dikeluarkan menjadi informasi yang diinginkan oleh user. Processor terletak pada socket yang telah tersedia di motherboard.

  1. RAM(Random Acces Memory)


RAM adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara yang bersifat volatile, yang artinya data tidak akan bisa disimpan bila tidak ada arus listrik. RAM juga berpengaruh pada kinerja processor. Dengan menambahkan RAM pada computer kinerja Processor bisa meningkat.

  1. ROM(Read Only Memory)
ROM merupakan memory yang bisa menyimpan data dan hanya bisa membaca data saja. ROM bersifat non volatile. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya permanen. Chip ROM datang dari pabriknya dengan program atau instruksi yang sudah disimpan di dalamnya. Satu-satunya cara untuk mengganti kontennya adalah dengan mencopotnya dari komputer dan menggantinya dengan ROM yang lain. Penggunaan dari ROM ini contohnya adalah sebagai media penyimpanan dari BIOS (Basic Input-Output System) yang dibuat oleh pabriknya.


  1. Hard disk

Harddisk merupakan perangkat keras dimana disana tersimpan setiap data dan informasi yang telah dimasukkan oleh user. Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan. Didalam harddisk terdapat spindle yang memiliki spindle motor yang berfungsi untuk menggerakkan pelat harddisk berkecepatan tinggi. Kecepatan ini diukur dalam rotation per minute (RPM). Makin cepat putarannya maka semakin bagus kualitas harddisk itu.



  1. Register
Register adalah Memori yang sangat cepat dalam melakukan transfer data, register berfungsi untuk membantu operasi yang dilakukan pemroses, terutama sebagai tempat operan-operan. Register ini dikategorikan menjadi dua, yaitu (1) register yang terlihat pemakai, seperti data register dan address register. (2) register untuk kendali status.

  1. CMOS
CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) Adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen.CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya. Ketika perubahan diperlukan ke dalam konfigurasi sistem komputer (misalnya ada penambahan hardisk, penambahan RAM dan lain sebagainya), maka CMOS dapat diubah dengan menjalankan suatu program utility khusus yang tersedia melalui sistem operasi.



  1. Motherboard
Motherboard merupakan pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang disana. Mengatur pemberian daya listrik pada PC. Seluruh kegiatan pemrosesan data semua diatur oleh motherboard.

Sekian penjelasan dari saya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Thx.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar